Audiensi Direktur PUPS Kemen LHK dan Dishut Sumsel dengan Wakil Bupati OKI

Audiensi Direktur PUPS Kemen LHK dan Dishut Sumsel dengan Wakil Bupati OKI

Halo Sahabat Hutsos, Salam Lima Jari šŸ–ļø

Pada hari Rabu, pada tanggal 21 Juni 2023 telah dilaksanakan kegiatanĀ Audiensi Direktur PUPS Kemen LHK dan Dishut Sumsel dengan Wakil Bupati OKI.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 28 tahun 2023 perlu adanya Perencanaan Terpadu Percepatan Perhutanan Sosial dalam pengembangan usaha perhutanan sosial untuk kesejahteraan masyarakat.
Salah satu strategi percepatan pengembangan usaha Perhutanan Sosial yaitu dengan percepatan pembentukan dan pengembangan Integrated Areal Development (IAD) yaitu pengembangan wilayah terpadu berbasis Perhutanan Sosial.

Pada wilayah Kab. Ogan Komering Ilir (Kab. OKI) terdapat 32 unit Persetujuan Perhutanan Sosial dengan skema HTR yang memiliki komoditas berupa karet dan telah berproduksi. Pada saat ini telah terjalin kerjasama antara Direktur PUPS dan Direktur PT. Hevea Eka Asia terkait Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial dengan komoditas karet dan secara teknis telah berlangsung di Kab. OKI.
Melalui kerjasama tersebut peningkatan ekonomi petani karet semakin membaik karena dengan harga jual produksi karet dalam bentuk Lateks dan Lump yang memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi.

Dengan ketersediaan produk karet dan pasar yang cukup tinggi, perlu adanya dukungan para pihak terhadap Pengelolaan Perhutanan Sosial Terpadu di Kab. OKI, Provinsi Sumatera Selatan.

Oleh karena itu, dilakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah Kab. OKI dan para OPD setempat serta PT. Havea Eka Asia terkait Perencanaan Terpadu Percepatan Perhutanan Sosial untuk percepatan pengembangan usaha perhutanan sosial dengan starategi Integrated Areal Development (IAD) berbasis Perhutanan Sosial. Hal tersebut dimaksudkan agar kolaborasi antar kementerian/lembaga, PEMDA, dan pihak terkait dapat terwujud secara terintegrasi dan komprehensif untuk meningkatkan percepatan pengelolan perhutanan sosial demi kepentingan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *