Sarasehan Masyarakat Perhutanan Sosial Tahun 2019

Sarasehan Masyarakat Perhutanan Sosial Tahun 2019

Palembang, 1 April 2019 bertempat di Asrama Haji Palembang telah diadakan acara Sarasehan Masyarakat Perhutanan Sosial dan Rapat Koordinasi Pokja PPS Sumatera Selatan 2019. Acara yang berlangsung selama 2 hari ini dihadiri oleh perwakilan Kelompok Tani Hutan (KTH), Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), Penyuluh, dan beberapa instansi perbankan dan NGO yang ada di provinsi Sumatera Selatan. Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan ini mengusung tema Kelola Hutan Sosial Menuju Sumsel Maju untuk Semua. Dalam sambutannya, Wakil Gubernur menyampaikan rasa syukurnya terhadap pencapaian izin Perhutanan Sosial yang ada di Sumatera Selatan. Izin ini menurutnya dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat agar dapat mengelola lahan secara produktif, dan memudahkan masyarakat menerima bantuan pemerintah maupun perbankan dikarenakan legalitas lahan yang sudah dimiliki. Harapannya melalui Pokja PPS dapat dipantau agar lahan dimanfaatkan sesuai unsur tanah yang ada di daerah tersebut agar hasil pengelolaan hutan pun maksimal.

Pada acara ini hadir pula Direktur Penyiapan Kawasan Perhutanan Sosial, Erna Rosdiana. Dalam sambutannya beliau menyampaikan perlu ada pengontrolan pendampingan agar pengelolaan hutan merata dan tidak dikuasai oleh satu dua pihak saja. Selain itu perlunya dorongan kepada kelompok tani agar dapat membuat rencana bisnis yang dapat diajukan kepada lembaga perbankan dalam bentuk rencana kegiatan usaha (RKU) maupun rencana kegiatan tahunan (RKT).

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini terdiri dari talkshow yang berkaitan dengan pengembangan dan pembiayaan perhutanan sosial serta kebijakan dan penguatan kelembagaan pemegang izin perhutanan sosial. Selain itu ada pula pembentukan forum komunikasi masyarakat pengelola perhutanan sosial serta diskusi kelola hutan sosial yang bersumber dari kelompok tani untuk saling berbagi pengalaman dan pembelajaran.

Sarasehan Masyarakat Perhutanan Sosial dan Rapat Koordinasi POKJA PPS Sumatera Selatan Tahun 2019, merupakan bentuk apresiasi bagi para pemegang izin perhutanan sosial yang memiliki komitmen kuat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengelola sumberdaya hutan secara lestari. Dalam kegiatan ini, para penerima manfaat perhutanan sosial dapat berbagi pengalaman mengenai strategi pengelolaan sumberdaya hutan, skema-skema permodalan yang dapat dimanfaatkan, dan peluang pemasaran komoditas perhutanan sosial”,ungkap Profesor. Dr. Ir. Rudjito Agus Suwignyo, MAgr Akademisi Universitas Sriwijaya yang menjadi Ketua Pokja PPS Sumatera Selatan.

Melalui kegiatan ini, pemerintah pusat dan daerah dapat memantau dan mengevaluasi kemajuan program perhutanan sosial Sumatera Selatan dalam pemberian akses kelola dan pemanfaatan hutan bagi masyarakat di dalam dan sekitar kawasan hutan. Pemerintah juga diharapkan dapat mensinergikan program perhutanan sosial ini dengan rencana-rencana pembangunan yang menitikberatkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan. Bagi pelaku usaha dan lembaga permodalan, kegiatan sarasehan ini dapat memberikan peluang kemitraan pengembangan usaha bersama masyarakat pengelola perhutanan sosial Sumatera Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *